Jumat, 19 Agustus 2016, 15:12

Berbeda Dengan Sebelumnya, Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2016 Akan Diikuti Peserta Sekolah Umum

Dirjen Pendis Kamaruddin Amin saat Konpres KSM 2016. (foto:boy)

Jakarta (Pinmas) --Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Ajang bertemunya siswa-siswa madrasah berprestasi dari masing-masing provinsi akan diselenggarakan di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat 23-27 Agustus 2016.

Penyelenggaraan KSM ke-5 Tahun 2016 akan berbeda dan ada sesuatu yang baru dibanding peyelenggaraan KSM tahun-tahun sebelumnya. Pada penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Ke-5 Tahun 2016 diikutsertakan siswa-siswa sekolah umum.

Hal ini dinyatakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin saat Konferensi Pers KSM Ke-5 Tahun 2016 di Ruang Sidang Setjen Kemenag, Gedung Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Jumat (19/08).

"KSM ke-5 ini, selain diikuti oleh siswa-siswi madrasah, termasuk MAN IC, juga bisa diikuti oleh siswa siswa sekolah yang berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemenag telah sepakat dengan Kemendikbud, baik KSM yang diselenggarakan oleh Kemenag, maupun OSN (Olimpiade Siswa Nasional) yang dilakukan oleh Kemendikbud, dapat diikuti oleh siswa-siswa, baik dari Kemenag maupun Kemendikbud. Begitu pula lomba-lomba lainnya yang diselenggarakan oleh dua kementerian tersebut," terang Dirjen.

Dirjen melanjutkan, dalam KSM ini kali, selain sains, juga akan dilombakan soal-soal Agama Islam. Pada KSM ke-5 yang mengangkat tema: Mempersiapkan Generasi Unggul Berwawasan Global tersebut, setiap provinsi mengirim 11 peserta yang sebelumnya telah memenangi KSM tingkat provinsi. Selain siswa dan siswi madrasah, KSM ini juga akan diikuti oleh 17 MAN IC seluruh Indonesia. Total peserta pada KSM ini kali adalah 865 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam KSM ini kali, selain kompetisi sains dan Agama Islam, ada ada beberapa kegiatan antara lain surta game online, matematika gasing, workshop motivasi pengembangan diri dan rembuk nasional bidang kesiswaan madrasah se Indonesia.

Untuk tingkat MI/SD, bidang yang dilombakan adalah Matematika dan Agama Islam, IPA dan Agama Islam. Sedang tingkat MTs/SMP, ada Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam serta Fisika dan Agama Islam. Sementara untuk tingkat MA/SMU, ada 6 bidang perlombaan, yakni Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam, Fisika dan Agama Islam, Kimia dan Agama Islam, Ekonomi dan Agama Islam serta Geogragfi dan Agama Islam.


Ikut mendampingi Dirjen Pendis dalam koprensi pers ini, Direktur Madrasah M Nur Kholis Setiawan dan Pgs Kapus Pinmas Syafrizal. (G-penk/dm/dm).

Berita Lainnya
Jumat, 16 Juni 2017, 17:33

Direktur KSKK: Madrasah Padukan Moralitas dan Intelektualitas

Rabu, 14 Juni 2017, 00:56

Kemenag Akan Beri Beasiswa Guru untuk S2 Ke Finlandia

Rabu, 14 Juni 2017, 00:52

Tenaga Honorer Ditjen Pendis Ikuti Seleksi dan Evaluasi PPNPN

Rabu, 14 Juni 2017, 00:23

Kemenag Upayakan Pembayaran TPG Terhutang Tahun Ini

Senin, 12 Juni 2017, 16:16

Ditjen Pendis Gelar Diskusi tentang Jurnalistik dan Keterbukaan Informasi